• Jelajahi

    Copyright © SEHATWEB.COM | Informasi Kesehatan Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Penasehat FDA Dengan Suara Bulat Rekomendasikan Obat Baru untuk Penyakit Alzheimer

    SEHATWEB.com
    Kamis, 13 Juni 2024, 21:18 WIB Last Updated 2024-06-13T14:18:26Z

    SEHAT WEB ■ Komite penasihat Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) dengan suara bulat memberikan suara pada hari Senin untuk merekomendasikan persetujuan donanemab untuk memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer.

    Komite Penasihat Obat Sistem Saraf Perifer dan Pusat diminta untuk mempertimbangkan apakah donanemab efektif untuk mengobati Alzheimer pada mereka yang mengalami gangguan kognitif ringan dan demensia ringan dalam populasi uji klinis dan apakah manfaat obat tersebut lebih besar daripada risikonya.

    Data yang dipresentasikan pada pertemuan tersebut menunjukkan bahwa donanemab tidak meningkatkan kognisi pada mereka yang memakainya, dan 7 persen mengalami sedikit penurunan neurokognitif setelah mengonsumsi obat tersebut selama satu setengah tahun.

    Namun, pencitraan otak menunjukkan bahwa 76,4 persen pasien mencapai pembersihan plak amiloid.

    Donanemab memecah plak amiloid pada penyakit Alzheimer, penyakit neurodegeneratif yang tidak dapat disembuhkan yang ditandai dengan timbunan protein amiloid dan tau di otak yang kemudian dikaitkan dengan penurunan neurokognitif. 

    Obat ini dirancang untuk memperlambat penyakit atau memperbaiki penurunan kognitif pada tahap awal dengan memecah akumulasi protein amiloid dan tau.

    Costantino Iadecola, direktur dan ketua Institut Penelitian Otak dan Pikiran Keluarga Feil, mendukung obat tersebut karena menurutnya manfaatnya lebih besar daripada risikonya. 

    Dia menambahkan bahwa jika beberapa subkelompok memerlukan analisis lebih lanjut, hal ini tidak boleh menghalangi ketersediaan donanemab untuk publik. (*)

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru