• Jelajahi

    Copyright © SEHATWEB.COM | Informasi Kesehatan Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Cara Mendapatkan Tidur Berkualitas di Malam Hari

    SEHATWEB.com
    Jumat, 07 Juni 2024, 08:36 WIB Last Updated 2024-06-07T15:59:35Z

    SEHAT WEB ■  Mengingat tidur perlu dilakukan untuk mengisi dan menyegarkan kembali tubuh setelah melakukan aktivitas, maka ada beberapa cara dapat dilakukan untuk mendukung kualitas tidur yang baik. Agar terhindar dari gangguan tidur, simak ulasannya di info sehat ini.

    Kualitas tidur yang baik dapat membantu pikiran dan tubuh seseorang. Walaupun seseorang mungkin tidak sadar, tubuh tetap berfungsi untuk menjaga agar tetap sehat dan bernergi. Beberapa hal yang didapat dari kualitas tidur yang baik meliputi, suasana hati baik, berfikir jernih, memutuskan seseuatu dengan baik, meningkatkan interaksi sosial, menurunkan risiko masalah kesehatan kronis, dan mengurangi stres.

    Berikut ini sejumlah cara untuk mendapatkan tidur berkualitas di malam hari seperti dilansir dari health.com 

    1. Mandi air hangat

    Para peneliti menemukan bahwa mandi air hangat atau berendam dikaitkan dengan tidur lebih baik dan waktu tertidur lebih cepat.  Suhu tubuh secara alami menurun pada malam hari, mulai dari dua jam sebelum tidur. “Ini merupakan waktu yang baik untuk berendam selama 20 hingga 30 menit,” kata  Profesor di Sekolah Kedokteran Universitas New York Joyce Walsleben, Phd.

    Ketika berendam dalam bak mandi air panas, suhu tubuh naik, dan periode pendinginan dengan cepat segera setelahnya dapat membantu merilekskan tubuh. “Jika Anda menaikkan suhu tubuh satu atau dua derajat dengan mandi, penurunan suhu yang lebih tajam menjelang waktu tidur lebih mungkin membuat Anda tidur nyenyak,” kata Walsleben.

    2. Meredupkan penerangan

    Cara berikutnya untuk mendapatkan tidur berkualitas adalah meredupkan penerangan. Larut malam, tubuh melepaskan zat kimia melatonin yang membuat mengantuk, namun hanya jika ia menerima isyarat yang tepat dari lingkungan. “Melatonin adalah hormon kegelapan Anda, hormon ini tidak akan mengalir jika lampu menyala,” kata Walsleben.

    “Anda ingin beralih ke kegelapan sedini pukul 21.00 atau 22.00 malam.” Duduk di ruangan yang remang-remang sebelum bersiap untuk tidur dapat menempatkan seseorang dalam suasana hati yang tepat untuk tidur. Ingatlah untuk membuat ruangan gelap ketika akhirnya siap untuk tidur.

    3. Hindari pendorong energi

    Melewatkan secangkir kopi pada waktu biasa bahkan sejak waktu makan siang dapat membantu tertidur lebih cepat.  “Saya tidak menyarankan orang untuk mengonsumsi kafein setelah waktu makan siang jika mereka memiliki masalah tidur karena kafein dapat bertahan dalam sistem tubuh untuk waktu yang lama,” kata Walsleben. Bagaimanapun, efek kafein bisa memakan waktu antara empat hingga enam jam untuk hilang.

    4. Matikan barang elektronik

    Cara lainnya untuk mendapatkan tidur berkualitas yaitu matikan barang elektronik. Sebelum tidur, seseorang mungkin merasa rileks saat berkomunikasi dengan teman melalui ponsel atau komputer atau menonton TV. Tetapi menggunakan perangkat elektronik dapat meningkatkan waktu gelisah seseorang.
    Sebuah studi dari Healthcare (Basel) mengungkapkan bahwa penggunaan perangkat elektronik dikaitkan dengan kualitas tidur yang lebih buruk.

    5. Menggunakan kaus kaki di kasur

    Jika kaki dingin membuat tetap terjaga, terutama selama musim dingin maka hangatkan kaki dengan sepasang kaus kaki yang lembut. Satu studi menemukan bahwa para peserta tidur lebih lama dan tertidur lebih cepat ketika mereka memakai kaus kaki ke tempat tidur.

    Lapisan tambahan di bawah selimut dapat membantu meningkatkan aliran darah di ekstremitas, yang dapat membantu tertidur lebih cepat, menurut Phyllis Zee, MD, profesor di Feinberg School of Medicine, Universitas Northwestern.

    6. Kurangi makan dan minuman di sore hari

    Mengurangi asupan makanan dan minuman di sore hari juga menjadi salah satu cara mendapatkan tidur berkualitas. Makan besar atau camilan pedas terlalu dekat dengan waktu tidur dapat membuat sistem pencernaan bekerja lembur sementara tubuh tetap terjaga. Akibatnya, seseorang mungkin harus menghadapi sakit mag atau refluks.

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru