• Jelajahi

    Copyright © SEHATWEB.COM | Informasi Kesehatan Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    6 Jenis Makanan Sehat dan Manfaatnya Bagi Tubuh

    SEHATWEB.com
    Selasa, 11 Juni 2024, 13:38 WIB Last Updated 2024-06-11T06:38:57Z

    SEHAT WEB ■ Setiap makanan dan minuman yang kita konsumsi tentu membawa pengaruh yang cukup esensial untuk kinerja sistem tubuh kita. Oleh karena itu jangan heran jika himbauan makan makanan sehat terus terdengar hingga hari ini. 

    Secara kesehatan, makan itu tidak hanya sekedar kenyang namun Anda perlu memperhatikan setiap kombinasi jenis makanan sehat di dalamnya. Anda perlu menyeimbangkan antara asupan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, serat serta kandungan nutrisi lainnya dengan baik. Karena tidak ada satu jenis makanan sehat yang memiliki semua jenis nutrisi dan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Maka memperhatikan komposisi seimbangnya perlu selalu dilakukan.

    Semangat makan makanan sehat ini juga semakin diserukan di masa pandemi COVID-19. Meski saat ini angka penularannya sudah semakin rendah, namun virus corona ini masih ada dan mungkin dapat menyerang Anda. Mencegah penyebaran virus ini bisa dilakukan dengan banyak hal termasuk makan makanan sehat.

    Mulai dari makan dengan komposisi lengkap seperti yang dipedomankan oleh Kementrian Kesehatan yaitu "Piring Makanku". Jadi kita perlu mengusahakan saat makan di dalam piring kita harus tersedia sayur, buah, karbohidrat dan juga protein.

    Selain komposisi, penting juga untuk menjaga kebersihan makanan di setiap situasi dan kondisi. Karena sangat mungkin penyebaran virus penyakit apapun bisa menular lewat makanan. 

    6 Jenis Makanan Sehat yang Baik untuk Kesehatan

    Masih bingung jenis makanan apa saja yang termasuk dalam jenis makanan sehat? Simak beberapa jenisnya disini:

    Sayuran

    Sayuran adalah salah satu jenis makanan sehat karena tentunya kaya akan nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Karena nutrisi dan gizi di dalamnya, bahkan sayuran juga dapat mengurangi berbagai risiko penyakit yang cukup kronis. Jika dijabarkan lebih lanjut, sayuran kaya akan vitamin, magnesium, kalsium, serat, asam folat, antioksidan dan kalium yang sangat penting untuk kinerja organ tubuh.

    Seperti yang dilansir dari laman resmi Promkes Kementerian Kesehatan, makanan sehat yang satu ini terdiri dari berbagai warna yang memiliki manfaat sendiri bagi tubuh Anda. Misalnya, wortel yang berwarna oranye merupakan sumber vitamin A yang dapat membantu menjaga kesehatan mata.

    Namun, sebagian besar sayuran memiliki warna hijau yang kaya akan vitamin A, C, K, B, kalium, dan serat. Mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam dan brokoli dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan menjaga berat badan tetap ideal.

    Anda bisa mengolah sayuran menjadi makanan sehat dengan cara direbus, dikukus, ditumis, atau bisa juga langsung dimakan untuk beberapa jenis sayuran tertentu.

    Buah

    Sama seperti sayur, buah juga jenis makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi dan gizi untuk kesehatan tubuh. Jika dijabarkan lebih lanjut buah mengandung serat, vitamin, antioksidan, mineral, kalsium dan nutrisi lainnya. Apalagi beberapa buah punya rasa manis dan segar yang sangat nikmat untuk dikonsumsi. Ada banyak jenis buah yang bisa mudah ditemukan dan memiliki jenis harga yang berbeda-beda di tiap jenisnya.

    Kacang-kacangan dan biji-bijian

    Jenis makanan sehat lainnya adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. Mulai dari kacang mete, almond, kacang tanah, wijen, chia seed, dan lain sebagainya. Tidak kalah dengan sayur dan buah, jenis makanan sehat ini juga kaya akan nutrisi dan gizi yang baik untuk tubuh. Bahkan beberapa kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan protein yang bisa menjadi sumber energi bagi tubuh.

    Makanan laut dan berbagai jenis ikan

    Jenis makanan sehat ini tentu dikenal karena kaya akan protein yang sangat baik untuk menjaga kinerja organ tubuh. Protein yang terkandung di dalam makanan laut dan ikan-ikanan juga dapat mencegah berbagai jenis penyakit kronis dan berbahaya.

    Kementerian Kesehatan bahkan mengajak masyarakat untuk mengonsumsi ikan melalui Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) sejak tahun 2004 lalu, karena ada banyak manfaat mengonsumsi ikan. Ikan salmon, sarden, tuna, dan mackerel merupakan jenis makanan laut sumber asam omega-3 yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan otak.

    Daging dan telur

    Daging dan telur juga termasuk jenis makanan sehat yang kaya dengan protein. Jenis makanan ini juga mudah ditemukan sebagai bahan makanan Anda setiap harinya. Sebagai catatan pilih bagian daging ayam atau sapi yang rendah dengan lemak sehingga lebih terserap nutrisinya lebih baik untuk tubuh Nada. Tidak hanya protein, tapi daging dan telur juga punya banyak kandungan nutrisi vitamin dan juga mineral.

    Susu dan produk olahannya

    Jika mengingat semboyan 4 sehat 5 sempurna, maka sudah pasti susu adalah salah satu jenis makanan sehat. Apalagi jenis makanan ini adalah sumber kalsium yang paling baik untuk menjaga dan meningkatkan kekuatan tulang tubuh Anda. Selain mengonsumsinya dari susu langsung, asupan nutrisi ini juga bisa diterima tubuh lewat asupan produk olahan susu lainnya seperti keju dan yogurt.

    Manfaat Mengonsumsi Makanan Sehat

    Melansir CDC berikut adalah sejumlah manfaat makan makanan sehat bagi orang dewasa dan anak-anak yang perlu Anda ketahui:

    Manfaat makan makanan sehat untuk orang dewasa:
    Membantu Anda hidup lebih lama
    Menjaga kesehatan kulit, gigi dan mata
    Menjaga kekuatan otot
    Meningkatkan daya tahan tubuh
    Menjaga dan meningkatkan kekuatan tulang
    Menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker dan diabetes tipe 2
    Mendukung kehamilan dan proses menyusui yang sehat
    Membantu fungsi sistem pencernaan
    Membantu mempertahankan atau meraih berat badan ideal
    Manfaat makan makanan sehat untuk anak-anak:
    Menjaga kesehatan kulit, gigi dan mata
    Menjaga kekuatan otot
    Membantu mempertahankan atau meraih berat badan ideal
    Meningkatkan kekuatan tulang
    Mendukung perkembangan otak
    Mendukung tumbuh kembang yang sehat
    Meningkatkan daya tahan tubuh
    Membantu fungsi sistem pencernaan
    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru