• Jelajahi

    Copyright © SEHATWEB.COM | Informasi Kesehatan Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Bayi Kembar Lima Lahir Di RSUD Indramayu, Begini Kondisinya

    SEHATWEB.com
    Selasa, 09 Juli 2024, 05:38 WIB Last Updated 2024-07-08T22:38:03Z

    SEHATWEB.COM | INDRAMAYU — Seorang ibu melahirkan bayi kembar lima. Kejadian itupun viral mengingat kelahiran bayi kembar lima merupakan yang pertama kali di Kabupaten Indramayu.

    Bayi kembar lima anak dari pasangan Nuraeni (32) dan Warsilah (39), asal Desa Bodas, Kecamatan Tukdana, Kabupaten Indramayu itu lahir di RSUD Indramayu, pada Minggu (7/7/2024). Kelima bayi itu dilahirkan melalui operasi sesar dalam keadaan prematur karena usia kandungan kurang dari 38 pekan. 

    Direktur Rumah Sakit Utama Daerah (RSUD) Kabupaten Indramayu, Deden Bonni Koswara, menyebutkan, dari lima bayi itu, empat berjenis kelamin perempuan dan satu berjenis kelamin laki-laki. 

    "Alhamdulillah ibu dan bayinya selamat," ujar Deden, pada Senin (8/7/2024).

    Deden mengatakan, saat usia kehamilan 16 pekan, sang ibu memeriksakan kandungannya. Saat itu, terdeteksi ada tiga janin dalam kandungannya. Namun, seiring bertambahnya usia kehamilan, jumlah janin dalam kandungan ternyata bertambah. 

    Menurut Deden, pada minggu ke-17 hingga ke-28, dalam kandungan ibu tersebut terdeteksi ada empat janin. Sedangkan janin satu laginya tidak terdeteksi oleh USG karena posisi janin menumpuk. 

    Adapun bayi pertama lahir dengan berat badan 1.900 gram pada pukul 19.34 WIB, berjenis kelamin peremuan. Bayi kedua lahir dengan berat badan 1.750 gram pada pukul 19.35 WIB, berjenis kelamin perempuan.

    Bayi ketiga lahir dengan berat badan 1.250 gram pada pukul 19.36 WIB, berjenis kelamin  perempuan. Bayi keempat juga berjenis kelamin perempuan, dengan berat badan 1.600 gram pada pukul 19.37 WIB. 

    "Bayi kelima berjenis kelamin laki-laki, dengan berat badan 1.900 gram, lahir pada pukul 19.38 WIB," katanya.

    Deden menambahkan, berat badan kelima bayi dibawah rata-rata. Karena itu, kelima bayi tersebut ditempatkan di dalam inkubator di ruang Gedung Gincu 2 RSUD Indramayu. 

    "Bobotnya memang bervariasi, dan dibawah normal rata-rata. Jadi masih dirawat intensif dan kami beri perlakuan khusus. Namun kondisinya secara umum baik dan sehat," kata Deden.

    Selain bayinya yang dalam kondisi sehat, sang ibu juga dalam keadaan sehat meski masih dalam masa pemulihan di ruang perawatan terpisah. Kelahiran bayi kembar lima itu merupakan anak kedua dari ibu bayi. 

    Sebelumnya, ibu bayi pernah melahirkan anak pertamanya. Untuk biaya kelahiran bayi kembar lima tersebut ditanggung oleh BPJS Kesehatan PBI APBD. (sumber: MN)
    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru