• Jelajahi

    Copyright © SEHATWEB.COM | Informasi Kesehatan Terpercaya
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Menu Bawah

    Stres Dapat Merusak Faktor Gaya Hidup

    SEHATWEB.com
    Sabtu, 08 Juni 2024, 09:53 WIB Last Updated 2024-06-08T02:53:13Z

    SEHAT WEB ■ Stres dapat merusak faktor gaya hidup yang diketahui meningkatkan kognisi di antara penderita penyakit Alzheimer dan bentuk demensia lainnya, menurut sebuah penelitian baru.

    Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Alzheimer's & Dementia, para peneliti dari Karolinska Institute di Swedia melaporkan bahwa manfaat kognitif yang terkait dengan pengalaman hidup yang menstimulasi dan bermanfaat dapat dikurangi oleh stres fisiologis dan psikologis.

    “Hasil ini mungkin memiliki implikasi klinis karena semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa latihan mindfulness dan meditasi dapat mengurangi kadar kortisol dan meningkatkan kognisi,” kata Manasa Shanta Yerramalla, PhD, penulis utama studi dan peneliti pascadoktoral di Departemen Neurobiologi Institut Karolinska, Ilmu Peduli dan Masyarakat, dalam sebuah pernyataan. “Strategi manajemen stres yang berbeda dapat menjadi pelengkap yang baik untuk intervensi gaya hidup yang ada dalam pencegahan Alzheimer.”

    Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa skor indeks cadangan kognitif (CRI) yang kuat tampaknya memiliki manfaat perlindungan terhadap penurunan kognitif di antara orang-orang dengan penyakit Alzheimer.

    Skor CRI ini ditabulasikan melalui pengalaman hidup yang merangsang dan memperkaya secara kognitif serta faktor-faktor seperti pencapaian pendidikan yang lebih tinggi, pekerjaan yang kompleks, aktivitas fisik dan rekreasi yang berkelanjutan, dan interaksi sosial yang sehat. (*)
    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru